Sabtu, 24 Januari 2009

Nyook...ke Bengkulu!!

....
"maaf pak numpang tanya...kira-kira kalo mau ke kaliurang itu ke arah mana ya?"
"oh...dari sini lurus aja keselatan dek, baru ya disini...? memangnya dari mana...?"
"iya ni pak dari bengkulu baru kemaren sampe...rencana mo ke kaliurang ke tempat temen gitu"
"BENGKULU???...dimana tu dek?"
....

"hari gini ga tau Bengkulu...!!! kemane aje lo?"
sekedar ilustrasi dan emang kenyataan gitu adanya, ternyata Bengkulu itu banyak yang ga tau dimana apalagi ngebayangin kek apa gitu. kan kebangetan tuh, padahal banyak yang luar biasa yang bisa didapetin ditempat yang ga begitu di kenal seperti Bengkulu. ga baca pa di hedlen news majalah Time ada orang belanda yang matinya ga tenang gara-gara belum pernah pigi ke bengkulu terus jadi hantu pocong gentayangan. ya jelas ga baca lah emang ga da berita kek gitu kok...he he. lagian Bengkulu aja ga tau. ga pernah belajar biologi pa di sekolah?? (geograpi kale...). tragis banget!!

ok de kalo gitu gw mo ajak keliling-keliling sebentar ke bengkulu lewat ni tulisan dan moga aja bisa jadi pengetahuan yang sangat berharga dan tak terlupakan buat kamu-kamu yang ga tau bengkulu. paling ga biar ga dikatain bego gitu...hi hi.


di bengkulu ada banyak tempat yang bagus buat rekreasi dan tentu saja indah dan menawan hati, terutama wisata baharinya karena emang sebagian besar wilayah bengkulu adalah laut. tapi jangan ragu pantai-pantai dibengkulu ga kalah menarik dengan kebanyakan tempat wisata lainnya. salah satunya pantai panjang yang kalo di inggrisin jadi "long beach" adalah tempat wisata yang bagus dan sayang kalo ga dikunjungi. puun cemaranya itu yang bikin indah....berjejer rapi di sepanjang ruas jalan pinggir pantai. disana juga ada dokar kok kalo ga mau capek jalan kaki keliling pantai. tata bangunannya juga rapi dari mulai hotel, caffe, sampe kedai-kedai tempat jual makanan dan minuman. apalagi sekarang di pinggir pantai udah dibangun mall buat kamu-kamu belanja cari buah tangan. but kalo mau lebih asik lagi tunggu sampe sunset....uh gila sumpah indah banget coy. yang paling rame biasanya waktu menjelang sore emang. owia buat kamu yang pengen mandi disana sedikit warning ombaknya lumayan gede, so ati-ati aja kelelep.

sekarang kita jalan lagi. hmmm kemana ya??. kemana lagi kalo bukan tapak paderi. ntu lokasi yang kamu bakal rugi banget kalo ga mampir kesana. bisa nyesel seumur hidup kalo dah ke bengkulu tapi ga pernah liat tapak paderi, ibarat pepatah orang bijak bilang bagaikan sayur tanpa garamlah kira-kira, atau bagaikan kain tanpa benang kurang-lebih lah seperti itu. dulu aja lady diana ngebet banget mo kesana tapi berhubung ga tau jalannya jadi ga kesampean gitu de (terlalu didramatisir ne kek nya..). nah penasaran kan ada apa disana!!!
ada bangunan bersejarah yang unik banget disana yaitu BENTENG MARLBOROUGH yang dibangun saat penjajahan inggris didanai Perusahaan India Timur di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng ini mengahadap selatan dan memiliki luas 44.100 meter persegi. Bentuk benteng abad XVIII (1914) ini menyerupai kura-kura. ni benteng merupakan peninggalan inggris terbesar di indonesia. bayangin tuh gimana nilai historisnya. mo tau isi dalamnya?. ada banyak banget peninggalan mulai dari makam-makam, penjara, ruang jaga, trus ada juga meriam-meriam perang sampe ruang bawah tanah yang tembus ke pantai tapak paderi. dari dalam benteng bagian atas kita bisa juga nikmatin pemandangan indahnya pantai tapak paderi yang tenang dan asri dengan puun-puun cemaranya. apalagi kalo jalan berdua ma pasangannya (bagi yang udah nikah woe...) pasti kerasa banget romantisnya. sukur-sukur kalo lagi ujan rintik-rintik wuiiih bener-bener romantis kek di pilem-pilem india.

gimana??? masih mau keliling lagi....nyante aja masih banyak tempat-tempat yang enak buat dikunjungi. sekarang kita ke pusat kota bengkulu yaitu jalan suprapto, tempat tongkrongan buat mejeng dan belanja so pasti. disana ada banyak tempat belanja, restoran dan gedung-gedung pemerintah daerah berjejer rapi. tapi kalo siang biasanya rame banget sama anak-anak sekolah yang pada nongkrong. uniknya di suprapto ada masjid jamik bersejarah peninggalan soekarno pada saat pengasingannya di bengkulu. ntu masjid letaknya pas ditengah-tengah persimpangan jalan, jadi kalo mau masuk kesana kudu ati-ati ntar keserempet mobil. rada nyalahin aturan memang, tapi justru bikin unik kan. owia kalo mo ketempat perbelanjaan yang besar, coba aja masuk ke bharata, bengkulu indah mall, dan toserba puncak. biasanya mo beli apa aja ada tuh disana asal kuat uangnya aja. buat yang mau nyicipin restoran besar ada juga restoran embun pagi dan restoran kabayan disana. dijamin enak....!!tapi kalo mo makan dipinggiran juga banyak kok warung-warung kecil yang nyediain makanan khas bengkulu. trus ada tugu bagus tuh disana, tepat disimpang empat jalan pusat kota, tapi biasanya suka rame sama mahasiswa demo sih.

nah...sementara cukup sampe disini aja dulu acara keliling-kelilingnya, ntar pusing lagi he..he. sekedar informasi yang dijelasin diatas tadi semuanya ada di kota bengkulu dan saling berdekatan kok. tapi masih ada yang lain lho yang belum diceritain, coz kalo mo diceritain segala ga muat satu halaman. ada juga taman remaja yang asik buat tongkrongan, trus ada danau dendam dengan warung-warung kedainya yang setengah mengapung dipinggir danau., kalo mo liat kota bengkulu dari atas secara keseluruhan bisa juga dari puncak taba penanjung, pokoke banyak tempat asik. belum lagi diprovinsi bengkulu secara keseluruhan, wuiiih....disana tu ada wisata alam bukit kaba, air terjun sembilan tingkat, pantai sungai suci yang persis banget tanah lot, dan taman hutan kerinci seblat. penasaran banget kan!!!

eni wei bay de wei kalo timingnya tepat kamu bisa juga ngerasain meriahnya perayaan seremonial tradisi daerah tabot bengkulu yang diadain bulan muharram. hmmm....kek smacam acara sekaten kalo dijogjanya, tapi bedanya kalo tabot acaranya acaranya sampai sepuluh hari dengan ragam kegiatan. serunya lagi ada acara tabuh gendang rame-rame yang kalo dibengkulunya disebut DOL. trus kalo kamu datanya kira-kira bulan agustus, sukur-sukur kamu bisa liat sendiri bunga terbesar sedunia Rafelsia Arnoldi yang langka dan cuma adanya dibengkulu. moment yang berharga banget tuh kalo bisa liat.
trus....!!! gimana dong bisa sampe kebengkulu?.

ya bisa pake transportasi darat dan udara, coz kalo laut biasanya ga ada kecuali kalo dari padang dan pulau enggano. ato bisa juga jalan kaki kalo mau, paling juga ntar gim oper lo...he he. buat naek pesawat, musti transfer dari jakarta atau palembang dan padang terus beli tiket ke bengkulu ntar nyampe deh di bandar udara fatmawati. kalo mo naik bus biasanya tu yang lewat bengkulu cuma putra-raflesia dan bengkulu indah, ntu kalo dari jawa.

mo buka bisnis dibengkulu?? wah ide bagus tuh, coz harga tanah disana masih kejangkau dibanding di kota-kota besar lainnya. jadi kamu bisa punya lahan dengan mudah asal punya duit. mo cari guide? tenang aja tinggal hubungi id ym diatas kok. informasi tambahan, sebagian besar penduduknya petani sama nelayan. yang paling banyak biasanya ngebun kopi, sawit, sama karet kalo untuk industri. tapi sebagiannya lagi ya tanam padi. mo bikin distributor barang dari perusahaan kamu? itu juga bagus banget, coz sekarang ini bengkulu lagi giat-giatnya membangun, so bentar lagi bakalan rame disini. siapa tau kita bisa kerjasama tuh!!! asal bisa saling menguntungkan, way not lah. yang penting jangan buka rumah judi ama prostitusi aja. HARAM ITU!!!....Astapirla....istipar woe....!!
so....tunggu apalagi!! buruan kemare!!!


2 komentar:

Anonim mengatakan...

maaph y sebelumnya..
numpang nanya nee... poto itu kayanya ane kenal tu cewe???
pasti cantik y... halah2

Unknown mengatakan...

bisa nulis tentang cerita rakyat dari bengkulu dan berbagi ke blog kami?
http://rejang-lebong.blogspot.com

Posting Komentar

 

  © 2009 J E N D E L A

True Contemplation Blogger Template by M Shodiq Mustika